Senin, 23 Juni 2014

DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA


IPTEK merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi.

Ilmu pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia,baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat bisa di pisahkan dari lembaga pendidikan. Dimana pada abad 20 peran ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berarti bagi lembaga pendidikan, sehingga pada abad 20 mampu mendorong lebih cepat dalam industri, informasi, komunikasi, transportasi dan pertanian.

Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Berikut merupakan dampak positif dan negative dari perkembangan Iptek.
IPTEK saat ini telah berkembangan sangat pesat, hal itu terlihat dari banyaknya bermunculan teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu kehidupan manusia. Namun, semakin berkembangannya IPTEK itu sendiri, malah menimbulkan efek negatif kepada manusia. Adapun dampak negatif IPTEK antara lain :
IPTEK bisa merusak moral bangsa, seperti tontonan-tontonan yang tidak pantas untuk dilihat dengan mudah nya di akses di internet. Lalu hal-hal yang sangat jauh dari budaya ketimuran di pertontonkan di internet sehingga dengan mudah dapat di tiru oleh anak bangsa. Ini tentu saja sangat mengancam pertumbuhan dan pembentukan karakter penerus bangsa.

Lalu IPTEK juga bisa menimbulkan kemalasan, seperti hal nya game online, dewasa ini banyak sekali masyarakat Indonesia keranjingan game online. Sehingga terus menerus di depan komputer sampai lupa melakukan aktivitas lain seperti hal nya belajar, beribadah. Bahkan siswa-siswa sekolah banyak yang bolos sekolah hanya untuk main game online. Tentu ini sesuatu yang harus di cegah dan di tanggulangi karena mengancam dan memeberi dampak yang sangat buruk.

IPTEK juga menimbulkan berbagai macam kejahatan dan hal-hal kriminal lain nya menjadi sangat mudah untuk di lakukan dan tentu sangat mengganggun keamanan yang membuat resah. Seperti hal nya menipuan dalam shop online atau penculikan yang sedang marak saat ini yaitu penculikan melalui jejaring sosial.
Selain dampak negatif IPTEK juga tentu mempunyai dampak yang positif dalam kehidupan manusia. Seperti IPTEK membuat segala permasalahan yang di hadapi manusia menjadi semakin mudah, memperoleh informasi dengan mudah dan cepat dalam dunia pendidikan hal ini sangat berperan karena dengan adanya internet siswa bisa dengan mudah meng akses informasi yang dibutuhkan untuk belajar. IPTEK mengurangi pemakaian bahan – bahan alami yang semakin langka, sekarang ini bentuk buku bukan hanya dalam kertas tapi ada juga e-book yang bisa di akses di internet hal ini tentu mengurangi pemakaian kertas dan mengurangi penebangan pohon untuk membuat kertas. IPTEK membawa manusia kearah lebih modern.

1. Memberikan berbagai kemudahan
Perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Namun, dampak dari perkembangan IPTEK juga berdampak ke berbagai hal seperti kegiatan pertanian, yang dulunya membajak sawah dengan menggunakan alat tradisional, kini sudah menggunakan peralatan mesin.sehingga aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak. Ini adalah contoh kecil efek positif perkembangan IPTEK di dalam membantu aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mempermudah meluasnya berbagai informasi
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kita, dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggaln. terlebih lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Hal ini memaksa kita untuk mau tidak mau harus bisa dan selalu mendapatkan berbagai informasi. Pada masa dahulu, kegiatan pengiriman berita sangat lambat, hal ini di karenakan kegiatan tersebut masih di lakukan secara tradisional baik itu secara lisan maupun dengan menggunakan sepucuk surat. Namun sekarang kegiatan semacam ini sudah hampir punah, dimana perkembangan IPTEK telah merubah segalanya, dan kita pun tidak perlu menunggu lama untuk mengirim atau menerima berita.

3. Bertambahnya pengetahuan dan wawasan
Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi menggunakannya. Namun seiring dengan perkembangan iptek, peralatan elektronik seperti computer, internet, dan handphone (Hp) sudah menjadi benda yang menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya. Inilah pengaruh positif perkembangan iptek di era globalisasi terhadap ilmu pengetahuan dan wawasan masyarakat kita.

Perkembangan IPTEK saat ini :
  1. Nuklir
  2. Smartphone
  3. Pesawat tanpa awak
  4. Televisi LCD LED dan Plasma
  5. Laptop/ Netbook
  6. Ipad
  7. Social media/ jejaring sosial
  8. Playstation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar