Kamis, 24 Maret 2016

Kelebihan dan Kekurangan teknik psikoanalisis


                                   
Freud adalah pemikir yang spekulatif dan inovatif, yang boleh jadi tertarik pada pengembangan teori daro pada menangani mereka yang sakit. Ia mencurahkan begitu banyak waktu untuk menemukan teori yang tidak hanya membantu pasien, tetapi juga mambantunya melihat ke dalam kepribadian manusia yang diperlukan untuk membangun teori psikoanalisis.
Tujuan utama dari terapi psikoanalisis Freud yang berkembang kemudian adalah mengungkapkan ingatan yang direpresi melalui asosiasi bebas dan analisis mimpi. Menurut Freud terapi psikoanalisi bekerja dengan cara mengubah apa yang tidak disadari menjadi disadari, dan terapi ini berhasil apabila mampu menyebabkan perubahan tersebut. lebih spesifik lagi, tujuan dari teori psikoanalisis adalah untuk memperkuat ego, untuk membuatnya mandiri dari super ego, memperluas persepsi, dan mengembangkan organisasinya sehingga ego tersebut dapat mengambil alih id. Freud mencatat adanya keterbatasan atau kekurangan dari penanganan psikoanalisis, yaitu :
·          Pertama, tidak semua kenangan masa lalu bisa atau sebaiknya ke alam sadar
·         Penanganan ini tidak efektif untuk psikosis atau penyakit menetap dibandingkan dengan masalah-masalah terkait fobia, histeris dan obsesi
·         Tidak hanya terbatas pada psikoanalisis, yaitu setelah sembuh, pasien bisa mengalami penyakit psikis lain.
Menyadari kekurangna tersebut, Freud merasa bahwa psikoanalaisis bis digunakan bersama-sama dengan terapi-terapi lainnya. Akan tetapi Freud menekankan bahwa psikoanalisis tidak bisa dipersingkat atau dimodifikasi.

Kelemahan dari pendekatan psikoanalisis
·             Pandangan yang terlalu determistik dinilai terlalu merendahkan martabat kemanusiaan.
·        Terlalu banyak menekankan kepada masa kanakkanak dan menganggap kehidupan seolah-olah ditentukan oleh masa lalu. Hal ini memberikan gambaran seolah-olah tanggung jawab individu berkurang.
·             Cenderung meminimalkan rasionalitas.
·             Kurang efisien dari segi waktu dan biaya.

Kelebihan dari pendekatan psikoanalisis :
·             Penggunaan terapi wicara
·           Kehidupan mental individu menjadi bisa dipahami, dan dapat memahami sifat manusia untuk meredakan penderitaan manusia.
·            Pendekatan ini dapat mengatasi kecemasan melalui analisis atas mimpi-minpi, resistensiresistensi dan transferensi-trasnferensi.
·         Pendekatan ini memberikan kepada konselor suatu kerangka konseptual untuk melihat tingkah laku serta untuk memahami sumber-sumber dan fungsi simptomatologi.

Feist, J. & Feist, Gregory. J (2010). Teori kepribadian. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
http://www.slideshare.net/Hilyaa/pp-konsep-dasar-pendekatan-psikoanalisis-dalam-bk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar